Sabtu, 21 September 2013

Protokol Mutlimedia

Internet Protokol:
Ada 3 macam protocol yang terkenal dalam jaringan computer:

·       Net BEUI (Net Bios Extended User Interface): tidak mempunyai kemampuan routing, sehingga sifat jaringan local (tidak bisa menghubungkan 2 jaringan Net BEUI.
·          IPX/SPX (Internet/Sequence Packet Exchange): merupakan pengembangan dari Net BEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console.
·          TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol): menggunakan aturan penamaan dengan beberapa angka numeric yang dipisahkan dengan titik.

OSI terdiri dari 7 layer/lapisan:
OSI terdiri dari 7 layer / lapisan:

1.     Lapisan Aplikasi (Application Layer): mendefinisikan sebuah antarmuka yang konsisten untuk menjembatani komunikasi antara software komputer dengan jaringan data.

2.     Lapisan Presentasi (Presentation Layer): memastikan bahwa format data yang diterima bisa digunakan oleh application yang berjalan pada sistem. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan lain-lain.

3.  Lapisan Sesi (Session Layer): bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan antara 2 sistem atau lebih. Lapisan ini memastikan bahwa sebuah request terhadap suatu layanan yang spesifik dibuat secara benar. (alat yang digunakan; Gateway, NetBios, RPC)

4.     Lapisan Transpor (Transport Layer): melakukan manipulasi actual dari data dan mempersiapkannya untuk dikirim melalui network. Jika data terlalu besar untuk ukuran single frame, transport layer akan memecahnya. (alat yang digunakan; UDP, TCP, Gateway)

5.     Lapisan Jaringan (Network Layer): menggambarkan bagaimana system pada network yang berlainan segmen dapat saling berhubungan satu sama lain. (alat yang digunakan; IP, ATM, Router)

6.     Lapisan Jalur Data (Data Link Layer): menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware, kemudian diangkut melalui media. Komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antar system koneksi dan penanganan error. (alat yang digunakan; Switch, Bridges)

7.     Lapisan Fisik (Physical Layer): Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit-bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel dan menjaga koneksi fisik antar system. (alat yang digunakan; HUB, Repeater)
UDP è User Datagram Protocol
RTP è Real Time Protocol
RTSP è Real Time Streaming Protocol

Data multimedia dapat dikirim dengan cara:
·        Download (.avi, .wav, .MPG, .MP3)
·        Streaming (.flv, MP4, .MP3)

Protokol untuk streaming:
·   RSVP è Resource Reservation Protocol
Tujuan: untuk reservasi bandwidth

·   SMRP è Simple Multicast Routing Protocol
Tujuan: untuk conferencing & Multicast data

·   RTSP è Real Time Streaming Protocol
Tujuan: untuk streaming data multimedia
è menggunakan metoda: PLAY, PAUSE, SETUP, RECORD & TEARDOWN

·   RTP è Real Time Protocol

·   RTCP è Real Time Control Protocol
Bagian dari RTP untuk QoS.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah yg baik dan benar no sara :) !!!